Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP | Info Operator Sekolah

Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara
efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.

Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional 2015-2016 menjelaskan bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang andal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan), menyusun Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP


Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP


Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yag meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan.

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk memutuskan seorang peserta didik sudah mencapai KKM atau belum.

Selengkapnya silahkan download Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP melalui tautan berikut :



Demikian share Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP, semoga bermanfaat.

wimaogawaDitulis Oleh : wimaogawa

Artikel Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP, diterbitkan oleh wima ogawa pada hari . Saya adalah seorang blogger yang berasal dari Alas Roban Kab. Batang Jawa Tengah yang sehari-hari berkecimpung di dunia internet untuk sekedar menyambung hidup. Semoga artikel-artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih

0 Response to "Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Tingkat SMP"

Peraturan Berkomentar :

√ No Spam
√ No Junk
√ Komentar yang melanggar peraturan akan dihapus dan dianggap sebagai spam.
√ Sopan
√No link aktif, jika ingin bertukar link ada di label tukar link